Wednesday, 19 March 2014

Sejarah Perkembangan Human - Computer Interactions


Sejarah HCI (Human Computer Interaction)


Memahami sejarah dari perkembangan HCI sebagian besar merupakan pemahaman mengenai perubahan paradigma, dimana paradigma itu sendiri merupakan kerangka teoretis utama atau pandangan dari dunia ilmiah. Adapun perkembangan dari HCI itu sendiri terbagi atas tiga babak, yaitu awal mula, kini, dan yang akan datang. Dimana dari tiga babak tersebut terdapat pelajaran yang dapat kita ambil yaitu keyboard dan terminal hanyalah artifak dari teknologi sekarang dan alat input – output yang baru mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer.

HCI itu sendiri adalah sebuah disiplin ilmu yang fokus kepada desain, evaluasi, dan implementasi dari sebuah sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia dan dengan pengetahuan mengenai fenomena besar yang melingkupinya.

ENIAC
Eniac, mesin hitung elektronik pertama di dunia.




Secara urutan sejarah HCI dari tahun ke tahun dapat dilihat sebagai berikut :
1945 – Memex
1969 – Flex
1973 – Alto



1974 – Bravo
1974 – IBM Portable Computer
 










1983 – Apple Lisa











1984 – Apple Macintosh
1987 – Microsoft Windows













Ide komputer digital sebenarnya berawal dari tahun 1700-an dan 1800-an namun teknologinya baru mulai tersedia pada tahun 1940-an dan 1950-an.

Vannevar Bush (1890 - 1974)

Dalam sebuah artikel pada tahun 1945 oleh harian Atlantic Monthly Bush mengatakan kalau komputer itu “Seperti yang telah kita pikirkan”.

Dalam temuannya Bush dapat mengidentifikasi permasalahan information storage and retrieval problem, dimana pengetahuan yang baru tidak dapat menjangkau orang – orang yang dapat memanfaatkannya.

“publikasi telah berkembang jauh dari kemampuan kita sekarang untuk menggunakan record dalam kehidupan nyata”.

Bush’s Memex
Menyusun Hypertext dengan World Wide Web (WWW)
• Sebuah alat dimana individu dapat menyimpan semua buku – buuku pribadi , record, komunikasi dan lain – lain.
• Item dapat diambil secara cepat melalui indexing, kata kunci, dan referensi silang.
• Dapat menganotasi teks dengan margin notes, comments,...
• Dapat membentuk dan menyimpan jejak melalui material
• Berlaku sebagai external memory.

Memex temuan Vannevar Bush :













J.C.R Licklider (1915 - 1990)

Psychoacoustrician lulusan MIT ini tertarik dengan komputer setelah Clark mendemostrasikan TX-0. Dengan latar belakangnya dalam psikologi Licklider meriset bagaimana orang – orang berinteraksi dengan komputer, dan selanjutnya ia dikenal sebagai seorang ahli dalam human-computer interaction. Pernyataannya sebagai berikut :

“The hope is that, in not too many years, human brains and computing machines will be coupled together very tightly and that the resulting partnership will think as no human brain has ever thought and process data in a way not approached by the information-handling machines we know today.”




Licklider sendiri memiliki visi atau tujuan sebagai berikut :
Jangka dekat :
• Waktu berbagi
• Elektronik I/O
• Interaktif dan sistem real time
• Skala penyimpanan informasi yang besar
Jangka menengah :
• Memfasilitasi kerjasama manusia dalam deain dan pemrograman sebuah sistem yang besar
• Mengkombinasi speech recognition, hand printing character recognition dan light pen editing.
Jangka panjang :
• Mengerti natural language (syntax, semantics, pragmatics)
• Pengenalan suara user yang sewenang – wenang.
• Pemrograman heuristik.

Perkembangan signifikan :
Pertengahan tahun 60an harga komputer menjadi terlalu mahal untuk individual, akhirnya dikembangkanlah sebuah sistem time sharing yang memungkinkan beberapa pengguna saling terhubung dari komputernya masing – masing melalui jaringan menggunakan email,sistem interaktif, shared files,dll.

Ivan Sutherland’s Sketch Pad – 1963 PhD

• Struktur Hirarkis
• Object Oriented Programming
• Constraints
• Icons
• Copying
• Input techniques
• World Coordinates
• Recursive Operations

Ivan juga mengembangkan hardware secara paralel :
• “low cost” graphics terminal
• Input device seperti data tablets
• Display processor yang mampu melakukan manipulasi gambar secara real time.
SketchPad :





Douglas Engelbart

• Hal yang menonjol system/demo :
Hirarki hypertext, multimedia, mouse, tampilan resolusi tinggi, file sharing, email, teleconference.
Bentuk mouse pertama di dunia temuan dari Engelbart :








Alan Kay

Penemu dari Dynabook, model pertama dari sebuah komputer yang portabel yang dapat menyimpan data personal, records, animasi, gambar, musik, yang sekarang dikenal sebagai notebook.

Bentuk dynabook temuan Alan Kay :

 


WIMP
• Windows, icons, menus, pointers
• Dapat melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan
• Terkenal dengan interface GUI
• Xerox, Alto, Star; early Apple Lisa, Macintosh



MIT Architectural Machine Group
- Nicholas Negroponte (1969 – 1980+)
- Banyak penemuan penting, diantaranya :
1. Display seukuran dinding
2. Penggunaan video disk
3. Penggunaan AI pada user interface
4. Speech recognition yang tergabung dengan pointing
5. Produksi suara
6. Hypertext multimedia




Bahasa (agent)
• Tindakan tidak selalu banyak mempengaruhi daripada kata – kata
• Antarmuka sebagai mediator atau agen
• Paradigma bahasa
CSCW
• Computer Support Cooperative Work
• Sistem yang tidak lagi satu pengguna atau satu sistem
• Aspek mikro sosial menentukan
• Email sebagai kesuksesan yang menonjol tapi aplikasi – aplikasi lain masih belum digunakan secara luas


Sumber: http://donnishare.blogspot.com/2010/02/sejarah-perkembangan-human-computer.html



No comments:

Post a Comment