Friday 11 January 2013

PNS Digitall


PNS Digitall


Seperti biasa kabut pagi masih menyelimuti jalan-jalan menuju kantor. Disana-sini terhampar hijau dedaunan yang melambai seakan memberi sinyal salam hangat megiringi perjalan saya mengantar sikecil tercinta ke TK Bhayangkari, sebelum kekantor
Meski jalanan mulai macet, bagi honda grand tuaku, itu tidak terasa karena ditunggangi dengan hati yang berbinar dan pikiran lepas. Melesat aku ingin cepat tiba di kantor dan memulai aktifitas, di tengah jalan berseliwuran rekan-rekan seprofesi berbaju waskat ( pengawasan melekat) tanda bahwa mereka adalah abdi Negara yang tidak pernah lelah mendedikasikan diri bekerja seusai bidangnya, yang merasa bangga didada, melihat rekan-rekan membawa laptopnya masing-masing.  Itulah gambaran yang saya lihat yang tidak hanya hari ini.
Di tempat saya penerapan Informasi Teknologi-nya telah membanggakan Kota Tarakan dimana tahun 2008 kami mendapatkan Piala Citra Pelayanan Prima Oleh menteri PAN dan di berikan langsung oleh Bapak Preisden Republik Indonesia ( Susilo Bambang Yudhoyono).
Mungkin sampai saat ini penilaian masyarakat belum berubah bahwa PNS itu seperti umar bakri dengan mesin ketik tua yang lambat dan pekerjaannya bertele-tele. Meski semua itu sudah terjawab dengan revolusi birokrasi yang ditunjukkan Kota Tarakan dengan menerapkan Informasi Teknologi. Dengan itu segala urusan yang bermuara pada pelayanan prima pada masyarakat luas tidak lagi mimpi.
Sebut saja BKD (Badan kepegawaian Daerah) yang selama tiga tahun ini telah menjadi Icon kota Tarakan di bidang Informasi Teknologi dengan mengembangkan SIM ( Sistem Informasi manajemen ) di bidang Kepegawaian, dimana setiap PNS tidak lagi di bebani akan hal-hal administratif untuk bisa menuju pangkat yang lebih tinggi, dalam hal melengkapi segala berkas untuk keperluan kenaikan pangkat, tidak saja itu di BKD telah mengembangkan sistem dimana surat-menyurat sudah tanpa kertas dalam hal ini di kembangkan e-dokumen dimana semua surat terpusat di suatu server dan di distribusikan sesuai jenjang dan tupoksi masing-masing. Setiap PNS juga bisa memonitor data pribadinya yang telah tersimpan di dalam server, mereka juga bisa menginput data pribadi mereka melalui online langsung ke database kepegawaian dengan menggunakan PCO ( Personal Code of Office ).
Lain dengan itu,  Inspektorat Wilayah juga tidak kalah dengan mengembangkan SIMWAS ( Sistem Informasi Manajemen Pengawasan). Disini terdapat database tentang pengawasan kota tarakan. Sekarang masyarakat tidak perlu canggung atau malu-malu  melaporkan indikasi kecurangan secara online. Selain mudah dan cepat yang kerahasiaanyapun akan terjamin karena dapat dilakukan dari mana saja tempat yang aman dan tanpa perlu diketahui satu orang lain.
Di tempat terpisah, berdiri gedung nan megah yang menaungi dinas dan kantor milik Pemkot Tarakan yang salah satunya Kantor Catatan Sipil, yang saat ini  sedang membangun koneksi ke seluruh keluruhan yg ada di kota tarakan, dengan target untuk pengurusan KTP cukup di kantor kelurahan, Kantor Pelayanan Terpadu dengan Motto “One Stop Service” dengan menggunakan SIMTAP ( Sistem Informasi manajemen Satu Atap) membuat warga Tarakan Termanjakan jika ingin mengurus Surat-surat yang berkaitan dengan dunia Usaha, Ataupun Akte Kelahiran.
Jadi Anda PNS masihkah ingin bertahan dengan image selama ini. Tentu tidak beberapa rekan Anda telah mencobanya.


No comments:

Post a Comment